Apapun bidang pekerjaan yg ditekuni, pastikan anda menjalin komunikasi yg baik dengan atasan maupun rekan kerja. Seperti yg pernah diungkapkan oleh Connie Podesta dan Jean Gatz dalam buku Sukses Berbicara Dengan Siapa Saja bahwa gaya komunikasi yg efektif dapat membantu mencapai keberhasilan dalam berkarier. Jadi bila tidak ingin karier terancam hanya karena dianggap melewati batas, maka jagalah cara pergaulan anda.
Berkomunikasi dengan atasan !!!
Salah satu kunci sukses berkomunikasi dalam karier adalah anda harus menyadari adanya batasan yg berlaku terutama dengan atasan. Berikut kunci sukses komunikasi dengan atasan.
* Hindari cara mengutarakan sesuatu seolah-olah kedudukan anda setingkat.* Ingatlah bahwa keakraban ada batasnya saat berada di lingkungan kerja.
* Hindari pembicaraan yg terlalu pribadi.
* Biarkan atasan mengendalikan pembicaraan, anda harus bisa mengantisipasinya.
* Sesuaikan selera humor, hindari cerita yg dapat menghina atasan.
Berkomunikasi dengan rekan kerja !!!!
Mulailah memahami karakter rekan kerja anda. Komunikasi yg lancar dengan rekan kerja dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.
* Beri pujian pada rekan kerja atas apa yg telah mereka lakukan.* Akui keberadaannya dan hargai kerja kerasnya.
* Hormatilah rekan kerja anda maka mereka akan menghormati anda.
* Sampaikan permintaan tolong anda dengan sopan tanpa berkesan memerintah.
* Bersikap fleksibel, cobalah berempati dengan perasaan dan keadaan rekan kerja.
* Sampaikan kritik anda dengan baik.
* Besarlah hati untuk mengakui kesalahan yg anda buat.
No comments:
Post a Comment